Jumat, 01 Juli 2011

Sistem Pengasramaan Haji

 

Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan peningkatan pelayanan kepada calon/jemaah haji maka telah dilakukan perubahan sistem pengasramaan haji  di Asrama Haji Embarkasi Jakarta  Pondok Gede   sebagai berikut :  
                               
a.       Tahun 1979 s/d 1987 pengasramaan haji  menggunakan sistem 2  X 24 jam;
b.       Tahun 1987 s/d 1994  menggunakan sistem 35 jam;

c.  Tahun 2001  menggunakan sistem 10 jam. Akan tetapi dalam evaluasi haji sistem  pengasramaan 10 jam dinilai berpengaruh terhadap kondisi kesehatan jemaah haji   karena berkurangnya waktu istirahat, sehingga caln/jemaah haji  mengalami kelelahan. Maka mulai pengsaramaan haji tahun 2002 dikembalikan lagi kepada sistem pengasramaan 24 jam.


Beberapa kegiatan yang dikuti calon/jemaah haji selama proses pengasramaan antara lain :

a.    Menyerahkan koper besar ke Petugas Bea Cukai untuk diperiksa dan ditimbang dan proses Xray;
b.     Melapor kepada petugas pendaftaran dengan menyerahkan Surat Panggilan Masuk Asrama (SPMA) dan lembar biru;
c.        Mendapat kartu makan dan kartu akomodasi.
d.       Pemeriksaan buku kesehatan di counter kesehatan
e.     Naik bus menuju gedung Penginapan. Di gedung penginapan calon/jemaah haji menerima Living Cost, Gelang identitas dan Boarding pass/tiket pesawat
f.      Pembinaan haji yang berupa ceramah akhlaqul karimah dan kesehatan dilanjutkan dengan praktek ibadah haji di lapangan manasik haji

Kegiatan point a sampai dengan d dilaksanakan dalam satu atap sebagai pelayanan terpadu sejak tahun 1989.